HOME
Home » Artikel » Serat Abaka Industri Menjanjikan

Serat Abaka Industri Menjanjikan

Posted at April 19th, 2019 | Categorised in Artikel

MELONGUANE (29-05-2017) , Meningkatkan taraf hidup masyarakat, sejumlah terobosan dilakukan Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip. Salah satu industri yang menjanjikan untuk dikembangkan adalah serat abaka.

Untuk pengembangannya, para petani abaka akan mendapatkan bantuan mesin pengolah dari investor Filipina. Dipastikan ketika mereka mulai berinvestasi. “Saat mau action memborong serat abaka, terlebih dulu para petani bakal diberi bantuan mesih pengolah. Agar hasil olahan bisa lebih baik kualitasnya,” ujar Freddave Marlou Susada, salah satu investor asal Filipina.

Kepulauan Talaud memiliki kekayaan alam yang melimpah. Karena itu, bila potensi yang dimiliki terus dikembangkan, tentunya memberi manfaat. Dan secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.

Serat abaka berasal dari pohon pisang. Buah pisang abaka tak dapat dimakan dan bentuk batangnya lebih pendek dari biasanya. “Tanaman ini tumbuh dengan tinggi empat hingga tujuh meter. Iklim panas membuat tanaman ini tumbuh lebih baik.

Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip mengatakan, memproduksi hasil alam merupakan cara kita menghargai kearifan lokal yang ada di Talaud. Dengan hasil olahan berbahan lokal yang dibuat masyarakat, membuka kesempatan memperkenalkan kerajinan yang dimiliki daerah ini. Baik itu kepada para wisatawan dan para investor. Di antaranya kerajinan hasil olahan serat Abaka.(cw-02/har)

Source :
https://manadopostonline.com/read/2017/05/29/Serat-Abaka-Industri-Menjanjikan/23635

Tags :